Friday, April 1

salah jurusan :(


Nggak perlu frustasi saat kuliah di jurusan yang kurang kita minati. Ada banyak cara untuk survive, kok!

Idealnya, sih, kita menyukai jurusan yang diambil, jadi bisa menjalaninya dengan serius dan bersemangat. Makanya, penting banget, tuh, mengenali minat sebelum daftar ke perguruan tinggi—biar nggak salah jurusan!
Sayangnya, nggak semua orang mengenali bakat dan minatnya tepat waktu, sehingga asal daftar (dengan memegang prinsip: yang penting kuliah). Begitu telanjur masukdua-tiga semester, baru, deh, menyesal karena merasa nggak cocok.
Mau pindah jurusan, rasanya sayang. Nggak hanya buang-buang uang tapi boros waktu juga. Belum lagi harus menyesuaikan diri dengan junior yang nantinya jadi teman seangkatan. Alternatif pilihan yang tersisa hanya satu: bertahan!

Aktif berorganisasi
Nggak suka jurusan yang dijalani bisa membuat kita malas kuliah. Solusinya, cari kegiatan menarik yang mampu menarik kita untuk tetap datang ke kampus. Misalnya, nih, ikut UKM sesuai hobi.

Geng vs prestasi
Kadang, teman menentukan prestasi di kampus. Pilih geng yang isinya bukan kumpulan anak pemalas, untuk menghindari makin ogah-ogahan kuliah.

Santai aja...
Nggak perlu ngotot untuk mencapai hasil terbaik—sedang-sedang ajalah. Soalnya, untuk bisa bertahan di jurusan yang kita nggak sukai aja sudah buth ekstra energi. Kalau mau mengukir prestasi, pilih bidang lain di luar kuliah yang benar-benar kita minati.

Manjakan diri
Setiap satu semester selesai, beri hadiah pada diri kita karena setidaknya berhasil melampaui (lagi!) satu masa berat dalam hidup, he he he. Untuk ngasih waktu bernapas, nggak perlu ambil semester pendek—is libur dengan bersenang-senang!

Keep On Fighting!
Jika kita merasa salah jurusan, jangan terus berkutat pada kata “salah” nanti nggakmaju-maju, tuh. Nggak perlu juga mencari siapa yang salah—apalagi menyalahkan ortu. Yang terpenting, kita tahu apa yang sebenarnya kita inginkan. Bila minat nggak sejalan dengan studi, nggak masalah. Sambil menjalankan kuliah, pikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengembangkan kompetensi kita.
Tenang aja, kesuksesan nggak ditentukan oleh jurusan kuliah, kok. Memang betul, ada sekian persen yang sukses di bidangnya sesuai disiplin ilmu yang ditempuh di bangku kuliah. Tapi kenyataannya, sebagian besar malah nggak nyambung, tuh, kuliahnya. Mereka itulah yang bekerja mengikuti passion. Terserah kita, mau ikut yang mana!

sumber : citacinta.com

No comments:

Post a Comment