Friday, April 1

FAKTA HARTA KARUN


Iming-iming penemuan barang berharga ini memang membuat banyak orang berusaha memburunya. Kita cek dulu beberapa fakta seputar harta karun ini, yuk:

1. • Konon kata harta karun ini berasal dari sebuh kisah di jaman Nabi Musa. Dulu ada orang bernama Qarun atau Karun yang sangat kaya raya. Karena kesombongannya, Qorun pun meninggal karena tertimbun oleh harta bendanya sendiri.
2. Menurut data dari Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), ada 493 situs arkeologi di bawah laut Indonesia. Itu artinya ada banyak banget harta karun di negara kita ini. Nggak heran kalau Michael Hatcher, seorang pemburu harta karun suka berburu di Indonesia.
3. • Dari sekian banyak pemburu harta karun, ada 4 orang yang ngetop, di antaranya:

* Mel Fisher, yang menemukan bangkai kapal Spanyol Nuestra Señora de Atocha. Kapal yang tenggelam tahun 1622 di perairan Florida ini mengangkut tembaga, perak, emas, dan perhiasan.
* Frederick “Cork” Graham, pencari harta karun bajak laut beken bernama Kapten Ridd yang dikubur di pulau Phu Quoc Vietnam pada abad ke-17. Konon katanya sang kapten meninggalkan 200 buah emas batangan dan masih banyak harta lainnya.
* Mike Hatcher, penemu kapal VOC Geldermalsen yang berisi 126 batang emas dan 160.000 keramik Dinasti Ming dan Ching, yang karam di perairan kepulauan Riau pada Januari 1751.
* Ponce de León, penjelajah Spanyol untuk menemukan Fountain of Youth. Harta karun yang satu ini super beken, sampai masuk ke beberapa film, di antaranya Pirates of the Caribbean dan National Treasure. Kabarnya mata air ini bisa bikin kita awet muda.

SUMBER:GADIS.CO.ID

No comments:

Post a Comment