Friday, December 31

Perbaikan Kualitas Koperasi Mendesak

Besar Kecil Normal
TEMPO Interaktif, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sjarifuddin Hasan mengatakan jika kualitas koperasi ditingkatkan, institusi ini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sampai 7,7 persen.
"Pertumbuhan ekonomi sekian bisa dicapai kalau koperasi benar-benar diberdayakan," katanya ketika membuka rapat kerja nasional dewan koperasi Indonesia (Dekopin), hari ini.
Sjarifuddin mengatakan jumlah unit koperasi di Indonesia sangat besar. Dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta, terdapat lebih dari 160 ribu unit koperasi tersebar di seluruh tanah air.
"Kalau dibandingkan dengan negara lain misalnya Jepang jumlah ini sangat besar. Jepang yang penduduknya 130 juta hanya memiliki 800 unit koperasi," terangnya.Namun fungsi koperasi di dalam negeri tidak maksimal dan perlu ditingkatkan. Dari jumlah koperasi yang ada, tidak sampai separoh unit yang aktif penuh.
Padahal jika 50 persen saja dari 160 ribu unit koperasi yang ada aktif secara penuh, maka terdapat potensi peningkatan skala ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.Jika 50 persen unit koperasi aktif secara penuh, kata Sjarifuddin, maka terdapat 80 ribu unit koperasi yang bisa meningkatkan skala ekonominya sampai angka tiga. Hal ini berarti terdapat potensi 240 ribu potensi penyerapan tenaga kerja.

Sumber : Tempo interakif ,SENIN, 17 MEI 2010 | 12:05 WIB, Kartika Candra

No comments:

Post a Comment